EMAIL US AT hephata1923@gmail.com
CALL US NOW +62-81362005171

Kerjasama UKI dan Hephata terus berlanjut

UKI dan Panti Karya Hephata

(Pelatihan Handcraft dan Pembuatan tong sampah)

Sintong Marnipi, 02-04 Februari 2022 Tim dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) datang ke Panti Karya Hephata untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) antara Dosen bersama mahasiswa Fakultas Teknik Mesin. PKM yang dimaksud ialah  pelatihan pembuatan tas dari manik-manik (handcraft) lewat mesin CNC “Computer Numerical Control” dan juga pelatihan pengelasan pembuatan tong sampah. Kedatangan mereka sebagai tindak lanjut kerjasama antara kedua lembaga yang di mulai sejak tahun tahun lalu dan diharapkan bentuk kerjasama seperti ini dapat berlanjut untuk tahun berikutnya.

u
Tim UKI menyerahkan 1 unit alat untuk membuat kerajinan tangan CNC ” Computer Numerial Control” kepada Kepala Biro Caritas Emergency, Pdt. Osten Matondang, S.Th dan Pimpinan Panti Karya Hephata, Pdt. Binsar Nababan, S.Si Teol

Pada hari pertama diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Biv. Tetty Lumban Tobing, seusai ibadah singkat pimpinan Panti Karya Hephata Pdt. Binsar Nababan, S.Si Teol mengawalinya dengan  mengucapkan terimakasih untuk kedatangan TIM UKI beliau mengatakan berangkat dari motto UKI “Melayani, Bukan Dilayani”  artinya  bahwa kedatangan mereka bukan hanya sekedar melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kepada yang hadir pada saat pelatihan  saja tetapi untuk melayani para difabel lewat pelatihan yang bertujuan agar mereka dapat berkarya, mandiri, kreatif dan inovatif dan yang paling penting dapat membagikan pengetahuannya juga kepada yang lain.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan tersebut ialah 3 orang Dosen dari UKI Medywati Pane, Melya Sebayang, Rahmad Samosir,  Staf dan anak dampingan Panti Karya Hephata, Staf dan anak dampingan Panti Asuhan Elim dan Rundwon acara yang telah ditentukan berjalan dengan baik seperti halnya pengenalan mesin CNC “Computer Numerical Control” dan pelatihan handcraft PIC nya Medyawati Pane untuk pembuatan tong sampah PIC nya bapak Rahmad Samosir.

Akrilik pada meja kerja mesin tahap I sudah selesai. Akrilik sebagai pondasi untuk membuat handcarf (tas manik-manik)
Proses kerja mesin CNC “Computer Numerical Control” yang dioperasikan oleh staf Panti Karya Hephata

Di sela-sela pelatihan,  Panti Karya Hephata bersyukur karena Tim UKI  kembali menyerahkan 1 unit alat untuk membuat kerajinan tangan CNC “Computer Numerical Control” dan diterima oleh Kepala Biro Caritas Emergency, Pdt. Osten JH Matondang, S.Th dan Pimpinan Panti Karya Hephata, Pdt. Binsar Nababan, S.Si Teol . Selain mesin CNC “Computer Numerical Control” Panti Karya Hephata juga menerima alat untuk pengelasan besi alat-alat  itu menjadi sangat penting guna pengembangan keterampilan yang kreatif serta inovatif bagi anak dampingan.  

Proses pembuatan tong sampah sudah selesai dan langsung dapat dipergunakan di kompleks Panti Karya Hephata
handcraft berupa tas manik-manik sudah rampung oleh staf an: Bikardo Siburian seorang tuna rungu wicara, semoga yang lain juga termasuk dampingan mampu menciptakan tas seperti digambar.

Pada hari terakhir, tepatnya di penghujung acara Panti Karya Hephata melalui Bapak Sekretaris Marusaha Simamora mengucapkan terimakasih kepada tim UKI yang bukan hanya sekedar melakukan pengabdian kepada masyarakat saja, tetapi lebih kepada melayani dan bukan dilayani, sebagai ucapan terimakasih staf Panti Karya Hephata memberikan souvenir berupa lilin kepada mereka, di atas semua kegiatan ini dalam rancangan Tuhan  semoga lewat pelatihan ini dampingan Panti Karya Hephata dan juga Panti Asuhan Elim semakin kreatif dan inovatif di bidang keterampilan tangan dan ahli dalam pembuatan tong sampah.

Pemberian souvenir berupa lilin kepada TIM UKI oleh Staf Panti Karya Hephata HKBP

hephata1923

VIEW ALL POSTS

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: